Di masa pandemi saat ini banyak sekali orang-orang yang kehilangan pekerjaannya karena harus tetap berada di rumah alih-alih bekerja secara normal di kantor. Namun, ada pula sebagian orang yang memanfaatkan pandemi sebagai ide bisnis baru yang berpotensi untung besar.

Menjalankan bisnis tidak melulu harus memiliki modal yang besar, cukup dengan kreatifitas dan ide saja sudah cukup untuk mengembangkan usaha anda. Dengan memanfaatkan tren yang sedang terjadi saat ini, kita bisa menciptakan suatu inovasi yang baru, bermanfaat, dan menarik.

Contohnya adalah berjualan pulsa dan paket data. Di masa pandemi saat ini orang akan lebih sering menggunakan telepon dan internet untuk berkomunikasi, Sehingga permintaan pulsa dan paket data akan semakin meningkat. Inilah peluang kita untuk menjalankan bisnis berjualan pulsa. Modalnya tidak harus besar, mulai dengan uang 50 ribu saja sudah cukup.

Selain contoh di atas, masih ada banyak lagi peluang bisnis yang berpotensi untung besar dan bisa kita lakukan. Intinya adalah terus konsisten dalam berusaha, bangun reputasi anda, dan perkenalkan usaha anda kepada orang lain.

10 Peluang Ide Bisnis Saat Pandemi Untung Besar

10 IDE BISNIS SAAT PANDEMI

Selain contoh peluang usaha di atas, masih ada banyak lagi ide-ide yang bisa anda kembangkan menjadi bisnis yang menguntungkan. Berikut beberapa contoh lainnya yang telah dirangkum oleh tim BanjarSmartDigital.

1. Admin Media Sosial

Admin Media Sosial

Akun media sosial yang besar dan memiliki banyak pelanggan biasanya akan sulit untuk dikelola. Hal ini karena adminnya harus mengurus dan melayani banyak pelanggan sekaligus dengan cepat dan tanggap.

Selain itu, admin media sosial juga bertugas untuk memperbarui konten/postingan, mempromosikan brand pemilik akun. Gampangnya admin media sosial ini ibarat manager, yang tugasnya mengelola.

Jika pekerjaan ini hanya dilakukan oleh 1 orang maka akan tidak efisien dan memperlambat tugasnya dalam melayani pelanggan. Oleh karena itu, akun media sosial yang besar seperti milik perusahaan-perusahaan ternama.

Peluang bisnis ini akan sangat cocok bagi orang yang cepat tanggap, ramah, dan kreatif untuk mengelola konten suatu akun. Anda bisa mendapatkan bayaran cukup besar dari pekerjaan ini tergantung seberapa besar akun yang harus dikelola.

2. Jasa Penulisan Artikel

Jasa Penulisan Artikel

Jika anda adalah tipe orang yang kreatif, dan hobi menulis, menjalankan usaha jasa penulisan artikel akan menjadi ide bisnis yang sangat menguntungkan. Terlebih lagi jika anda mampu dan fasih menggunakan bahasa Inggris, karena tarif penulisan artikel berbahasa Inggris bisa jauh lebih tinggi.

Tugas seorang penulis artikel adalah membuat konten berupa tulisan dengan topik/tema tertentu, biasanya klien yang datang adalah seorang blogger yang sedang malas/tidak sempat update artikel di blognya.

Melalui bisnis ini anda bisa meraup ratusan hingga jutaan rupiah perhari hanya dengan bermodalkan hp atau laptop untuk menulis. Semakin banyak artikel yang mampu anda buat, maka semakin besar keuntungannya.

banyak sekali jasa penulis artikel yang meraup untung yang besar salah satunya Banjar Smart Digital

3. Bisnis Jualan Camilan Ala Pelajar

Bisnis Jualan Camilan Ala Pelajar

Kedengarannya unik sekaligus mengingatkan kepada masa-masa sekolah dulu, namun siapa sangka pandemi membuat banyak pelajar kangen dan rindu dengan camilan semasa sekolah dulunya. Tidak hanya pelajar, orang yang sudah lulus sekolah juga banyak yang merindukan camilan ala pelajar ini.

Mari kita ambil contoh camilan makaroni pedas dan seblak. Saat ini jarang makanan seperti ini jarang ditemui, yang dulunya mudah ditemukan di kantin dan taman jajan, sekarang banyak yang beralih ke usaha lain.

Kita juga bisa memanfaatkan platform seperti GoFood dan GrabFood untuk memperkenalkan bisnis kita kepada calon pembeli. Selain itu penggunaan platform ini juga membantu orang lain agar lebih mudah menemukan usaha kita.

Dari bisnis ini anda berpotensi menghasilkan uang sampai jutaan rupiah dari berjualan offline maupun online (dengan GoFood, GrabFood, ShopeeFood, dll).

4. Jasa Topup dan Voucher Game Online

Jasa Topup dan Voucher Game Online

Pandemi membuat sebagian orang menghabiskan lebih banyak waktunya berada di rumah. Untuk menghabiskan waktu tersebut, banyak orang terutama kalangan anak-anak dan remaja yang bermain game.

Sisi negatifnya memang pendidikan menjadi lebih terabaikan, tapi di sisi yang lain kita bisa menganggap hal ini sebagai peluang bisnis yang cukup menguntungkan.

Bayangkan jika di lingkungan kita ada sekitar 10-15 orang yang melakukan topup tiap harinya. Dan per transaksi kita memperoleh keuntungan sebesar 3 ribu rupiah, maka dalam sehari anda bisa menghasilkan 30-45 ribu rupiah, atau 900 ribu sampai 1.3 juta perbulannya.

Apalagi, jika kita bisa memasarkan usaha ini melalui media sosial dan melakukan transaksi secara online, maka keuntungannya juga akan lebih besar lagi.

Modalnya juga tidak perlu besar. Hampir sama seperti berjualan pulsa, kita bisa mulai dengan modal 50 ribuan saja.

Jasa Design Logo

Di masa pandemi banyak pengusaha yang mengganti caranya melayani pelanggan. Dari yang awalnya melayani pelanggan secara offline, sekarang berganti dengan pelayanan secara online. Contohnya bisnis ojek online.

Dengan begitu, para pengusaha akan membutuhkan jasa design logo untuk perusahaannya agar bisnis mereka terlihat lebih professional dan menarik pelanggan.

Logo biasanya harus mencerminkan usaha milik pelanggan anda. Misalnya jika pelanggan meminta design logo untuk bisnis kuliner, maka buatlah seakan-akan logo tersebut menggambarkan usaha kuliner.

Semakin rumit logo proses pembuatan logo, maka harganya bisa lebih mahal. Dengan begitu anda bisa memperoleh keuntungan yang besar sesuai kerja keras anda.

6. Ide Bisnis Jualan Foto

Bagi anda yang sering travelling dan hobi mengambil gambar, berjualan foto mungkin bisa menjadi ide bisnis yang tepat untuk anda coba.

Tapi, tidak sembarang foto yang orang beli. Biasanya orang-orang membeli sebuah foto untuk hiasan atau wallpaper yang cantik. Maka memotret spot-spot seperti sawah, gunung, lautan yang tenang, pasar yang ramai, atau spot lainnya yang menarik untuk dipotret bisa dijual hingga jutaan rupiah.

Kualitas gambar yang bagus dan tidak buram juga menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan agar foto tersebut mudah laku ketika dijual.

Anda bisa menjual hasil jepretan anda dalam bentuk yang sudah dicetak dan dibingkai. Atau upload foto tersebut di situs-situs seperti https://shuttershock.com, anda akan dibayar setiap foto anda yang di-download oleh orang lain.

7. Jasa Pemasaran Digital/Digital Marketing

Jasa Pemasaran Digital/Digital Marketing

Seperti yang sudah saya katakan pada poin nomor 5, pandemi menyebabkan orang beralih usaha dari offline menjadi online.

Jika usahanya masih baru, biasanya mereka akan membutuhkan seseorang untuk memperkenalkan bisnisnya agar mencapai target pelanggan tertentu.

Nah, salah satu bisnis yang tepat untuk bidang ini adalah jasa digital marketing atau pemasaran digital. Tugasnya yaitu memasarkan suatu produk atau usaha milik orang lain kepada orang atau target tertentu.

Untuk melakukan bisnis ini agak sulit untuk dilakukan. Karena kita harus mempelajari ilmu dasar-dasar digital marketing dan mampu melakukan promosi online dengan platform seperti Facebook Ads, Google Ads, Tiktok Ads, dan lain sebagainya.

Menjadi seorang digital marketer juga harus cepat tanggap dan mengerti keinginan pelanggan. Jika pelanggan anda ingin memasarkan bisnis bakso misalnya, maka anda harus tau targetnya pembelinya seperti apa, daerah jangkauan usahanya, dan banyak lagi.

Sebab itulah menjadi digital marketer menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Kerjanya bisa di rumah saja, dan bayarannya sesuai dengan kerja keras yang kita lakukan. Apalagi jika sudah ahli dalam bidang ini, anda bisa bekerja dengan perusahaan besar dan digaji hingga puluhan juta rupiah.

8. Bisnis Jualan Online

Bisnis Jualan Online

Semasa pandemi, orang lebih sering berbelanja secara online karena keterbatasan aktifitas di luar rumah. Sehingga berjualan online menjadi ide bisnis yang tidak hanya menguntungkan tapi juga menjanjikan.

Apapun bisa dijual secara online selama produk tersebut tidak melanggar hukum, menarik, dan dibutuhkan maka akan mudah laku.

Mari kita ambil contoh jualan baju online. Modalnya kecil, bahkan kita bisa berjualan tanpa modal dengan menjadi dropshipper, yaitu menjual barang milik orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Gampangnya, kita menjual ulang dagangan orang lain.

Terlebih lagi saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan sebagainya yang sangat membantu kita dalam berjualan online.

9. Jasa Cuci Pakaian

Jasa Cuci Pakaian

Di kondisi seperti ini, banyak orang lebih sibuk karena harus bekerja dari rumah. Sehingga terkadang mereka tidak sempat mengurus kebutuhan rumah tangganya seperti mencuci pakaian kotor.

Nah, kita bisa manfaatkan peluang ini sebagai ide bisnis yang menguntungkan. Terutama jika anda tinggal di kawasan asrama, mereka biasanya memilih menyewa jasa laundry ketimbang mencucui pakaian kotornya sendiri. Contohnya asrama pondok pesantren, dan rumah tinggal sementara.

Selain itu jenis usaha ini memiliki tingkat saingan yang rendah. Anda juga bisa menambahkan jaminan kebersihan, kerapihan, wangi pada pakaian pelanggan agar lebih menarik dan bisa menambah harga jasanya.

10. Guru Les Private

Jika anda termasuk orang yang cukup berpendidikan, tidak ada salahnya mencoba menjadi guru les private. Saat ini banyak pelajar yang tidak fokus belajar karena belajar hanya secara online, sehingga tidak efisien dan sulit mengerti.

Oleh karena itu, sebagian besar orang tua saat ini lebih memilih untuk mencari guru les private untuk anaknya guna menambah pengetahuan dan belajar lebih efisien.

Penutup

Nah, itulah 10 peluang ide bisnis saat pandemi yang bisa anda coba. Dari semua pilihan tersebut ada yang harus mengeluarkan modal ada juga yang tidak. Tergantung anda mau mencoba yang mana terlebih dahulu.

Anda juga bisa mengembangkan lagi ide bisnis di atas agar menemukan usaha seperti apa yang cocok dengan anda. Gunakan kreatifitas anda untuk membuat sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi orang lain.

Yang terpenting dalam menjalani bisnis adalah konsisten, sabar, dan ramah kepada pelanggan. Serta tidak lupa berdoa kepada Tuhan untuk memohon kesuksesan dalam berusaha.